tips-hindari-corona

Berita mewabahnya Virus Corona atau COVID-19 (Corona Virus Disease 2019) semakin hari semakin heboh. Bahkan hampir setiap hari kita melihat bahkan mendengar di berbagai media massa khususnya di Indonesia sendiri. Seiiring berjalannya waktu yang paling utama, kita tidak usah terlalu panik ataupun terlalu khawatir dengan keadaan saat ini, namun kita harus tetap waspada. Oleh karena itu, demi mengatasi atau memutus rantai penularan virus terhadap diri kita maupun keluarga kita. Hendaknya kita melakukan langkah pencegahan. Adapun 7 Tips Pencegahan Virus Corona Paling Efektif yang dilansir dari situs Kementerian Kesehatan RI, antara lain:

1. Sering melakukan cuci tangan dengan memakai sabun dan air yang mengalir

Mencuci tangan dengan baik dan benar merupakan langkah paling sederhana dan efektif mencegah penyebaran virus Corona. Cucilah tangan anda dengan sabun dan air mengalir setidaknya selama 20 detik, dan pastikan seluruh bagian tercuci hingga bersih termasuk punggung tangan, pergelangan tangan, sela-sela jari, dan kuku. Setelah itu, keringkan tangan menggunakan tisu atau handuk bersih. Jika tidak menemukan air mengalir dan sabun, anda juga bisa menggunakan cairan Hand Sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60% agar lebih efektif membunuh kuman.

2. Gunakan masker bila menderita batuk atau pilek

Sebenarnya untuk penggunaan masker sendiri diperuntukkan untuk seseorang yang menderita batuk atau pilek, namun tetap disarankan ketika anda bepergian keluar rumah. Untuk tipe masker yang bisa anda gunakan ada 2 jenis, yaitu masker bedah dan masker N95. Masker bedah merupakan masker sekali pakai yang umum digunakan dan mudah ditemukan, harganya terjangkau, dan nyaman dipakai, sehingga banyak orang yang menggunakan masker ini saat beraktivitas sehari-hari. Sedangkan masker N95 adalah jenis masker yang dirancang khusus untuk menyaring partikel berbahaya di udara sehingga jenis masker inilah yang sebenarnya lebih direkomendasikan untuk mencegah infeksi virus Corona.

3. Konsumsi gizi seimbang dengan memperbanyak makan sayur dan buah-buahan sehat

Langkah ini juga menjadi salah satu faktor terpenting untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan memperbanyak makan sayuran dan buah-buahan sehat yang mengandung serat tinggi maka nutrisi dan vitamin dalam tubuh akan terpenuhi. Dengan begitu, imunitas dan daya tubuh akan meningkat sehingga segala macam penyakit atau virus lebih mudah ditangkal. Jangan lupa minum air putih minimal 8 gelas per hari ya!

4. Selalu berhati-hati ketika kontak langsung dengan hewan yang berpotensi menularkan Virus Corona

Virus Corona diduga kuat berasal dari kelelawar dan disebarkan oleh beberapa hewan mamalia dan reptil. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindarilah kontak dengan hewan-hewan tersebut untuk mengantisipasi tertularnya virus Corona secara langsung.

5. Rajin melakukan olahraga rutin dan istirahat yang cukup

Selain menyehatkan tubuh, olahraga rutin juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Semakin banyak tubuh kita mengeluarkan banyak keringat maka dapat dipastikan racun-racun yang dapat menimbulkan penyakit juga ikut dikeluarkan sehingga segala jenis virus juga tidak mudah masuk. Kemudian, selalu biasakan istirahat secukupnya paling tidak dengan tidur 7-8 jam sehari dan hindari begadang sampai larut malam yang tidak diperlukan.

6. Hindari mengkonsumsi daging yang tidak dimasak atau masih mentah

Para ilmuwan meyakini virus ini berasal dari hewan dan kemudian menyebar ke manusia. Sehingga pejabat kesehatan merekomendasikan untuk memasak daging dan telur sampai benar-benar matang dan juga orang dengan kondisi kurang sehat harus menghindari pasar hewan hidup dan daging mentah karena dianggap berisiko lebih tinggi terkena penyakit parah, menurut WHO.

7. Bila mengalami batuk, pilek dan sesak nafas segera periksakan ke fasilitas kesehatan

Langkah efektif selanjutnya jika anda mengalami batuk, pilek, maupun sesak nafas selama beberapa hari agar segera memeriksakan kondisi tubuh ke fasilitas kesehatan yang terpercaya. Guna mengetahui status positif / negatif dari gejala indikasi penularan virus Corona.

TAMBAHAN:

Penerapan Pembatasan Sosial (Social Distancing)

Salah satu penyebab tertularnya virus Corona secara langsung yaitu ketika berkumpulnya sekelompok orang yang sehat dan sedang sakit dalam satu tempat. Contohnya di pasar, instansi pendidikan, Car Free Day, dan lain sebagainya. Sehingga perlunya penerapan Social Distancing (Pembatasan Sosial) untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona. Lantas, apa yang harus dilakukan? Social distance atau social distancing berarti menjaga jarak antar manusia dengan menghindari pertemuan besar atau kerumunan. Idealnya, seseorang yang menerapkan social distancing menjaga jarak dengan orang lain dengan radius enam kaki atau dua meter.

Setelah mengetahui 7 Tips Pencegahan Virus Corona Paling Efektif tadi, kita juga harus tahu gejala klinis dari penyebaran virus Corona. Diantaranya yaitu: demam, batuk & pilek, gangguan pernafasan, sakit tenggorokan, serta letih & Lesu. Semoga kita semua dijauhkan dari virus ini ya Sahabat Blogger, Aamiin πŸ™‚

Sumber: Kementerian Kesehatan RI, ALODOKTER

7 Tips Pencegahan Virus Corona Paling Efektif
Tag pada:

gilangmedia

Saya adalah seorang Freelance Software Engineer yang bergerak dibidang Pemrograman Web serta bekerja disalah satu instansi swasta di kota tercinta, seorang Freelance Designer pecinta aplikasi Photoshop, seorang Freelance Photographer yang hobi Hunting ke tempat-tempat unik, dan pastinya seorang Freelance Traveller yang suka main ke tempat wisata ketika liburan telah tiba. Bagi saya, menjadi seorang Freelancer adalah hal yang paling seru dan mengasyikkan apalagi didukung dengan kemampuan dan hobi yang dimiliki.

6 gagasan untuk “7 Tips Pencegahan Virus Corona Paling Efektif

  • 30 Mei 2020 pukul 12:31
    Permalink

    Pretty nice post. I just stumbled upon your blog and wished to say that I have really enjoyed browsing your blog posts. After all I will be subscribing to your feed and I hope you write again very soon!

    Balas
  • 1 Juni 2020 pukul 11:46
    Permalink

    I’m really enjoying the design and layout of your site. It’s a very easy on the eyes which makes it much more pleasant for me to come here and visit more often. Did you hire out a designer to create your theme? Fantastic work!

    Balas
  • 2 Juni 2020 pukul 07:38
    Permalink

    I not to mention my guys have been reviewing the good items from the blog and so unexpectedly came up with an awful feeling I never expressed respect to you for those strategies. Those boys happened to be as a result glad to read them and now have actually been loving these things. We appreciate you indeed being really kind and then for figuring out this kind of marvelous guides most people are really needing to know about. Our honest regret for not expressing gratitude to earlier.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *