mengatasi-memori-penuh-pada-ponsel

Seringkali kita menyadari terkadang notifikasi HP muncul peringatan bahwa storage / penyimpanan Internal penuh ketika sampah aplikasi / cache menumpuk. Masalah ini tentunya membuat jengkel khususnya bagi para pengguna Smartphone lawas dengan spek rendah. Meskipun banyak sekali aplikasi Cleaner yang menawarkan fitur pembersih lengkap, namun tetap saja permasalahan tersebut sering terulang kembali. Tapi tenang saja, ada 6 tips jitu mengatasi memori Smartphone yang kecil agar bisa bertahan dengan memori internal yang kecil dan cepat penuh. Berikut caranya:

1. Gunakan Memori Eksternal / SD Card

Gunakan Memori Eksternal / SD Card
Sumber: lemoot.com

Cara ini tentunya sering dilakukan bagi pengguna Smartphone yang memiliki hobi multimedia dan juga gamers. Dengan kapasitas memori yang besar, mereka bisa leluasa menyimpan banyak file foto / video maupun aplikasi games. Sehingga bisa mengurangi penggunaan kapasitas memori Internal gadget anda secara berkala. Contoh merk memori Eksternal yang paling populer saat ini dan paling banyak di beli antara lain SanDisk, V-Gen, Toshiba, dan lain sebagainya.

2. Manfaatkan Penyimpanan Pada Layanan Cloud Storage

Ini juga salah satu cara menghemat penyimpanan di memori fisik Smartphone. Dengan memanfaatkan layanan Cloud Storage, para pengguna juga tidak akan dipusingkan lagi dengan masalah keamanan jika sewaktu-waktu ponsel hilang atau dicuri. Banyak sekali layanan Cloud Storage gratis yang bisa digunakan antara lain Google Drive, Microsoft One Drive, Drop Box, dan lain sebagainya.

3. Hindari Menginstall Aplikasi / Game Berat

Aplikasi Sosial Media yang biasa kita gunakan sehari-hari ternyata memiliki ukuran yang cukup besar, apalagi ketika cache menumpuk. Hal ini seharusnya tidak menjadi masalah jika Smartphone yang kamu gunakan memiliki memori internal yang besar. Namun, jika smartphone kamu memiliki memori internal yang kecil, maka gunakan aplikasi yang ringan. Selain mempengaruhi performa RAM / ROM gadget, memasang aplikasi / game berat juga sangat berpengaruh pada borosnya baterai sehingga pengguna harus mengisi daya berulang kali.

4. Manfaatkan Layanan Streaming

Di era sekarang banyak sekali ditemukan berbagai macam media / layanan setreaming yang gratis ataupun berbayar baik melalui aplikasi smartphone ataupun Web. Anda dapat memanfaatkannya secara streaming tanpa harus mendownload konten yang ada didalamnya. Dengan begitu maka dapat meminimalisir penggunaan memori gadget anda. Contoh layanan Streaming yang populer saat ini antara lain: YouTube, Spotify, Joox, Netflix, Iflix, dan lain sebagainya.

5. Minimalkan Resolusi Pengambilan Foto / Video

Semakin berkembangnya teknologi, maka semakin banyak pula kemunculan gadget-gadget baru yang memiliki fitur yang mumpuni, terutama pada bagian kamera. Bahkan banyak sekali vendor smartphone saat ini yang menawarkan model gadget terbaru dengan multi kamera atau memiliki kamera lebih dari satu dibagian belakang bodi ponsel. Dengan begitu, maka bisa dipastikan resolusi pixel kamera gadget juga semakin bertambah. Hal ini tentunya sangat berpengaruh pada ukuran file foto / video yang diambil. Sehingga untuk meminimalisir kapasitas penyimpanan, alangkah lebih baiknya dengan mengurangi ukuran resolusi pengambilan foto / video dengan megapixel yang cukup rendah.

6. Bersihkan Cache Aplikasi Secara Rutin

Istilah “Cache” atau sampah aplikasi merupakan salah satu penyebab paling menjengkelkan ketika berkurangnya space storage pada gadget. Biasanya semakin sering aplikasi digunakan maka semakin menumpuk pula sampahnya. Selain itu, ukuran cache juga bervariasi yaitu mulai ukuran Byte hingga Gigabyte tergantung jenis sampah yang dimuat aplikasi. Namun jangan khawatir, banyak aplikasi pihak ketiga yang dapat di manfaatkan dan dapat di unduh secara gratis melalui platform gadget anda. Contohnya: Clean Master, CCleaner, Super Cleaner, Files by Google, dan lain sebagainya.

Itu tadi 6 tips jitu mengatasi memori Smartphone yang kecil, semoga bermanfaat bagi sahabat Blogger 😉

Sumber: Instagram @SUMBERINFORMATIKA

6 Tips Jitu Mengatasi Memori Smartphone yang Kecil

gilangmedia

Saya adalah seorang Freelance Software Engineer yang bergerak dibidang Pemrograman Web serta bekerja disalah satu instansi swasta di kota tercinta, seorang Freelance Designer pecinta aplikasi Photoshop, seorang Freelance Photographer yang hobi Hunting ke tempat-tempat unik, dan pastinya seorang Freelance Traveller yang suka main ke tempat wisata ketika liburan telah tiba. Bagi saya, menjadi seorang Freelancer adalah hal yang paling seru dan mengasyikkan apalagi didukung dengan kemampuan dan hobi yang dimiliki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *