WINS-7-END

Pihak Microsoft telah merilis update patch keamanan terbaru untuk OS Windows 7 pada Rabu 20 Maret 2019 lalu. Kendati demikian, Microsoft juga mengingatkan penggunanya bahwa dukungan update dan patch keamanan OS ini akan berakhir pada 14 Januari 2020. Dengan demikian, 10 tahun sudah Microsoft melayani penggunanya dalam hal pembaruan keamanan untuk komputer yang menjalankan Windows 7, sehingga otomatis pihak Microsoft resmi hentikan dukungan Windows 7 secara berkala.

Peringatan berakhirnya dukungan Windows 7 sebenarnya sudah mulai diumumkan mulai 18 April 2019 mendatang. Namun bagi pengguna dari kalangan enterprise, disediakan opsi untuk memperpanjang dukungan hingga tahun 2023.

Setelah dukungan berakhir, pihak Microsoft resmi menghentikan update. Namun, hal yang langka pernah terjadi ketika Microsoft merilis update berupa patch keamanan untuk menangkal ransomware “WannaCry” di Windows XP. Walaupun Saat itu, sudah tiga tahun berakhir dukungannya.

“Akhir dukungan untuk Windows 7 adalah 14 Januari 2020. Setelah itu, bantuan teknis dan pembaruan perangkat lunak dari pembaruan Windows yang membantu melindungi PC Anda tidak lagi tersedia,” tulis laman Support Microsoft.

Selain itu, program Microsoft Security Essentials gratis mungkin tidak akan lagi didukung. Sehingga segala kekurangan dalam sistem operasi yang muncul hampir pasti tidak akan diperbaiki. Hal itu akan menjadi masalah bagi sekitar 28% pengguna yang masih menggunakan Windows 7.

Menurut laman Toms Guide, jika Anda termasuk dalam 28% pengguna Windows 7. Maka langkah yang harus Anda ambil adalah beralih ke ke Windows 10. PC Windows 7 juga mendukung Windows 10, meskipun mungkin harus membuang beberapa program.

Jika anda memutuskan untuk tetap menggunakannya setelah 14 Januari, anda harus melakukan beberapa tindakan pencegahan. Perbarui semua yang ada pada rilis Microsoft Patch pada 14 Januari. Ini akan menjadi kesempatan terakhir untuk memastikan Windows dan software Microsoft lainnya seaman mungkin.

macam-macam antivirus
Sumber: dewailmu.id

Silahkan pasang salah satu program antivirus terbaik, seperti Avast, Kaspersky, atau lainnya yang memiliki tingkat proteksi kuat. Hal ini dikarenakan Microsoft juga mematikan perangkat lunak antivirusnya sendiri untuk Windows 7. Jadi Anda akan membutuhkan yang lain. Kemudian, hapus instalasi browser Microsoft Internet Explorer. Ini adalah lubang keamanan yang sangat besar. Gunakan Google Chrome atau Mozilla Firefox sebagai penggantinya.

Sekian informasi ini, semoga bermanfaat bagi Sahabat Blogger semua.

Sumber: Tirto.idLine.me

Microsoft Resmi Hentikan Dukungan Windows 7

gilangmedia

Saya adalah seorang Freelance Software Engineer yang bergerak dibidang Pemrograman Web serta bekerja disalah satu instansi swasta di kota tercinta, seorang Freelance Designer pecinta aplikasi Photoshop, seorang Freelance Photographer yang hobi Hunting ke tempat-tempat unik, dan pastinya seorang Freelance Traveller yang suka main ke tempat wisata ketika liburan telah tiba. Bagi saya, menjadi seorang Freelancer adalah hal yang paling seru dan mengasyikkan apalagi didukung dengan kemampuan dan hobi yang dimiliki.

Satu gagasan untuk “Microsoft Resmi Hentikan Dukungan Windows 7

  • 26 April 2020 pukul 04:36
    Permalink

    I love your blog.. very nice colors & theme. Did you design this
    website yourself or did you hire someone to do it for you?

    Plz answer back as I’m looking to construct my own blog and would like
    to know where u got this from. appreciate it

Tinggalkan Balasan