corona-viruses

Kata “Corona” berasal dari bahasa Latin yang artinya crown atau mahkota. Ini sesuai dengan bentuk Coronavirus itu sendiri yang kalau dilihat dengan mikroskop nampak seperti mahkota (lihat gambar). Bentuk mahkota ini ditandai oleh adanya “Protein S ” yang berupa sepatu, sehingga dinamakan spike protein, yang tersebar disekeliling permukaan virus (tanda panah). “Protein S ” inilah yang berperan penting dalam proses infeksi virus terhadap manusia. Gambar mikroskop Coronavirus diambil dari home page Queen University Belfast, UK). Tampak pada panah “Protein S” disekeliling permukaan virus sehingga membuat bentuk virus seperti mahkota yang berbentuk bulat dan berdiameter sekitar 100-120 nm. Karena itu, pencegahan infeksi Coronavirus akan efektif bila menggunakan masker yang berpori-pori lebih kecil dari 100 nm. Oleh karena itu kita wajib mengenal Virus Corona & Pencegahannya bagi kesehatan

Asal Usul Virus Corona

Virus ini pertama kali diisolasi pada tahun 1965, dari cairan hidung seorang anak yang menampakan gejala pilek (common cold), yang biasanya disebabkan oleh infeksi Rhinovirus atau virus Influenza. Dan, kenyataannya, memang sulit sekali membedakan antara gejala infeksi Rhinovirus, virus Influenza dan Coronavirus. Ini juga merupakan kendala untuk menentukan virus penyebab SARS. Karena bila sesuatu virus ditemukan dari pasien yang bukan pengidap SARS dan itu dinyatakan sebagai penyebab SARS akan mengakibatkan kesalahan yang fatal. Artinya, seleksi pasien merupakan hal yang sangat penting untuk penentuan virus penyebab SARS.

Selain menginfeksi manusia, Coronavirus juga menginfeksi binatang seperti babi, anjing, kucing, tikus, kelinci, sapi, dan ayam. Pada binatang-binatang ini, infeksi virus ini umumnya juga menyebabkan gejala gangguan pernapasan (pneumonia) seperti halnya pada manusia. Namun virus ini sangat host-specific, sehingga Coronavirus yang menginfeksi salah satu binatang hanya menginfeksi binatang tersebut. Virus tersebut tidak bisa menginfeksi binatang lain dan bahkan manusia. Virus ini tidak stabil di udara, dan hanya mampu hidup selama 3 jam, sehingga kecil sekali kemungkinan penularan lewat udara. Kemungkinan besar penularan virus ini adalah lewat bersin atau batuk dari orang yang terinfeksi kepada orang yang dekat dengannya.

Bentuk Tindakan Pencegahan Virus Corona

Saat ini belum ditemukan vaksin untuk mencegah infeksi 2019-nCoV (corona virus) atau virus corona yang terjadi di Wuhan, China. Cara terbaik untuk mencegah infeksi adalah menghindari terkena virus ini. Ada beberapa tindakan pencegahan yang bisa dilakukan setiap hari untuk menghindari penyakit akibat virus corona antara lain:

  1. Cuci tangan dengan sabun dan air sampai benar-benar bersih. Jika sabun dan air tidak tersedia, gunakan pembersih tangan berbahan dasar alkohol.
  2. Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan tangan yang belum dicuci.
  3. Hindari kontak dekat dengan orang yang sakit.
  4. Tetap berada di rumah ketika sakit.
  5. Tutupi batuk atau bersin dengan tisu, lalu buang tisu ke tempat sampah.
  6. Bersihkan benda dan permukaan yang sering disentuh.
  7. Selalu memakai masker ketika berada ditempat umum atau keramaian.

Langkah-langkah tersebut sebaiknya dilakukan setiap hari untuk membantu mencegah penyebaran beberapa virus, termasuk corona virus. Semoga bermanfaat ya tips tadi sahabat Blogger 🙂

Sumber: LIPI, Tirto.id

Mengenal Virus Corona & Pencegahannya

gilangmedia

Saya adalah seorang Freelance Software Engineer yang bergerak dibidang Pemrograman Web serta bekerja disalah satu instansi swasta di kota tercinta, seorang Freelance Designer pecinta aplikasi Photoshop, seorang Freelance Photographer yang hobi Hunting ke tempat-tempat unik, dan pastinya seorang Freelance Traveller yang suka main ke tempat wisata ketika liburan telah tiba. Bagi saya, menjadi seorang Freelancer adalah hal yang paling seru dan mengasyikkan apalagi didukung dengan kemampuan dan hobi yang dimiliki.

49 gagasan untuk “Mengenal Virus Corona & Pencegahannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *