fenomena-kerajaan-baru-gilangmedia

Beberapa minggu belakangan, di jagat media sosial sempat digegerkan dengan munculnya fenomena kerajaan baru di Indonesia. Kerajaan tersebut setelah di selidiki oleh pihak kepolisian ternyata memiliki motif yang hampir serupa yaitu motif ekonomi dan sosial. Di lansir dari beberapa media di Youtube, tujuan dari kerajaan tersebut pada awalnya memang berupaya mengajak masyarakat untuk menjadi pengikutnya dan akan di iming-imingi imbalan yang bernilai fantastis. Dengan syarat, mereka harus membayar sejumlah uang tertentu terlebih dahulu sebagai syarat utama. Para pengikutnya nanti akan di janjikan beberapa jabatan strategis di struktur organisasi kerajaan dan akan diberikan sejumlah uang yang nilainya cukup besar, bahkan bernilai US dolar sebagai gaji per-bulannya. Adapun fenomena 3 kerajaan baru di Indonesia belakangan ini antara lain:

1. Kerajaan Agung Sejagat

Kemunculan Keraton Agung Sejagat di Desa Pogung, Kecamatan Bayan, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah sempat menghebohkan masyarakat Indonesia. Secara tiba-tiba ada seorang pria bernama Toto Santoso (42) mengaku sebagai raja, dan Fanni Aminadia (41) mengaku sebagai permaisuri / ratu. Dua orang tersebut mengikrarkan diri sebagai Raja dan Ratu Keraton Agung Sejagat serta mengaku sebagai kekaisaran dunia penerus Majapahit. Sejak saat itu, kehadiran keraton tersebut membuat masyarakat sekitar menjadi resah dan bisa dipastikan bahwa kerajaan tersebut memang palsu adanya.

Kegiatan yang dilakukan kerajaan tersebut antara lain menggelar kirab budaya dan kerap menggelar ritual. Para pengikutnya sendiri berjumlah sekitar 450 orang dan diantaranya memiliki taraf pendidikan yang tinggi. Mereka yang menjadi pengikut pada awalnya disuruh membayar biaya pendaftaran sekitar 3 juta Rupiah untuk mendapatkan seragam dan di janjikan akan diberikan sejumlah uang sebesar 100 – 200 US Dollar yang akan diberikan setiap bulan kepada anggota yang telah memiliki NIK. Pada akhirnya tim Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Jawa Tengah berhasil meringkus para tersangka diantaranya Raja & Ratu tersebut pada hari Selasa, 14 Januari 2020 dan diancam pidana kurungan maksimal 10 tahun penjara.

2. Kerajaan Sunda Empire

Setelah runtuhnya keraton Agung Sejagad, muncul lagi kerajaan baru yang lebih heboh tepatnya di daerah Bandung, Jawa Barat yang bernama Sunda Empire / Earth Empire. Rangga Sasana, salah seorang petinggi Sunda Empire yang menjabat sebagai Sekjen (Sekretaris Jenderal) mengatakan bahwa kekaisarannya adalah kekaisaran matahari dan bumi serta dapat diartikan bahwa Sunda itu adalah suku Sunda, tapi ini adalah tindakan, proses turun-temurun kekaisaran dari dinasti ke dinasti sampai saat ini yang disebut dinasti Sundakala. Selain itu, Rangga mengatakan kekaisarannya tetap eksis lantaran telah meneruskan tahta serta sebagai pewaris harta benda bumi dinasti Padjajaran Siliwangi.

Menurut fakta yang beredar, disebutkan bahwa kerajaan tersebut dapat mengendalikan nuklir dunia. Rangga juga mengatakan pengendalian senjata nuklir dilakukan untuk menjaga tatanan bumi untuk keselamatan peradaban umat manusia. Berdasarkan struktur pemerintahannya, Sunda Empire bukan dipimpin oleh Letnan Jenderal Imperial Force The Pentagon Ki Ageng Rangga Sasana. Masih ada dua atasannya yaitu Perdana Menteri Sunda Empire bernama Nasri Bank dan Kaisar Ratna Ningrum dengan pengikut kurang lebih 1000 orang. Pada akhirnya, Rangga beserta para petingginya ditangkap tim Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Jawa Barat pada Selasa, 28 Januari 2020 dan diancam pidana kurungan maksimal 10 tahun penjara.

3. Kerajaan King of The King

Satu lagi nama kerajaan yang cukup viral setelah Agung Sejagat dan Sunda Empire yaitu King of The King atau yang berarti raja dari segala raja. Kerajaan fiktif ini beroperasi di daerah Tangerang, Banten. Kabarnya ada ratusan korban dari wilayah Banten yang berhasil di tipu oleh kerajaan halu tersebut. Ratusan korban tersebut sudah menyetor sejumlah uang ke MSN selaku Pimpinan Lembaga Keuangan IMD King of The King wilayah Banten. Besaran uang yang disetor untuk pendaftaran rekening pun beragam, ada korban yang menyetor dengan jumlah kecil senilai Rp 50.000 sampai dengan Rp 1,5 juta.

Kerajaan fiktif King of The King memiliki pola perekrutan dengan mengincar orang-orang terdekat dari anggotanya. Hal tersebut dijelaskan Kapolres Metro Tangerang Kota saat penetapan tiga tersangka terkait kasus tersebut. Salah satu tersangka yang juga sebagai petinggi kerajaan tersebut, Mr Dony Pedro mengklaim dirinya sebagai raja dari seluruh pemimpin di dunia. Kabarnya status tersangka saat ini masih buron atau sedang dalam pengejaran anggota polisi. Ada kabar lain yang menyebutkan bahwa kerajaan ini memiliki harta warisan dari presiden pertama RI Bung Karno senilai 60.000 Triliun. Harta tersebut kabarnya akan digunakan sebagai dana kesejahteraan Indonesia yaitu dengan dibelikan 3000 jet tempur sebagai alutsista dan akan dibagikan kepada masyarakat Indonesia dengan kisaran 1 – 3 Milyar Rupiah per orang dengan syarat menjadi pengikut setia, tandasnya.

Demikian tadi fenomena 3 kerajaan baru di Indonesia yang sempat membuat publik Indonesia heboh, semoga informasi tadi bermanfaat ya sahabat Blogger 🙂

Sumber: TribunNews, Kompas, Tagar

Fenomena 3 Kerajaan Baru Di Indonesia
Tag pada:

gilangmedia

Saya adalah seorang Freelance Software Engineer yang bergerak dibidang Pemrograman Web serta bekerja disalah satu instansi swasta di kota tercinta, seorang Freelance Designer pecinta aplikasi Photoshop, seorang Freelance Photographer yang hobi Hunting ke tempat-tempat unik, dan pastinya seorang Freelance Traveller yang suka main ke tempat wisata ketika liburan telah tiba. Bagi saya, menjadi seorang Freelancer adalah hal yang paling seru dan mengasyikkan apalagi didukung dengan kemampuan dan hobi yang dimiliki.

Satu gagasan untuk “Fenomena 3 Kerajaan Baru Di Indonesia

Tinggalkan Balasan